Alat Pertahanan Diri Tradisional

Alat Pertahanan Diri Tradisional

Senjata merupakan alat untuk digunakan melindungi atau bertahanan diri dan juga menyerang lawan. Senjata sangat lama digunakan baik sebagai alat pertahanan diri maupun sebagai status sosial. 

Ibarat dua sisi mata uang, di satu sisi senjata dapat berfungsi namun di sisi lain dapat mematikan. Berikut beberapa senjata tradisional unik namun mematikan di dunia. 

1. URUMI 
Urumi merupakan pedang yang sangat mengerikan sebagai senjata. Dikatakan mengerikan karena bentuknya bukan seperti pedang pada umumnya yang hanya mempunyai satu bilah saja tetapi memiliki beberapa sulur bilah fleksibel dan jika diayunkan, musuh tidak bisa menerka bila mana yang bakal mengenai dirinya. Pedang ini mempunyai nama lain 'surul pattakahthi', adalah senjata perang yang biasa digunakan oleh orang-orang di Kerala, India dengan panjang sekitar 121,92-167,64 cm. 

2. SHOTEL
Pedang Shotel disebut juga pedang paling kuat dan membahayakan dari Ethiopia Kuno. Bentuknya terbilang sangat unik, dengan panjang 40 cm dan mempunyai bentuk sarung sama dengan bentuk pedang melengkung. Mempunyai bentuk sabit dan sengaja didesain agar mudah untuk menembus perisai lawan dan pastinya dengan sangat mudah merobek organ vital. Pedang Shotel ini diperkirakan telah ada pada abad ke-18.

Jual Alat Bela Diri



3. KHOPESH 
Jika dilihat dari sisi bentuknya, Khopesh lebih mirip seperti pengait daripada sebuah pedang. Khopesh adalah senjata untuk digunakan oleh orang-orang Mesir kuno yang mempunyai bentuk mirip celurit dengan kedua sisi sama tajamnya. Rata-rata Khopesh mempunyai panjang sekitar 50-60 cm dan pada umumnya terbuat dari perunggu atau juga besi. Senjata tersebut diperkirakan diciptakan dan digunakan sekitar abad ketiga Sebelum Masehi (SM) sampai dengan 1300 SM. 

4. ATLATL 
Atlatl tersebut merupakan alat untuk melemparkan batu, tombak, atau panah Bangsa Aztec di Meksiko. Namun biasanya senjata tradisional ini dipasangkan dengan panah khusus yang disebut dengan "Tlacochtli". Atlatl bisa melontarkan proyektil dengan sangat jauh dan lebih kuat dibandingkan ketika dilontarkan dengan tangan biasa. 

5. FIRE LANCE 
Tombak api (fire lance) merupakan senjata mesiu yang muncul di abad ke-10 di China selama Perang Jin-Song. Dalam tombak api terdapat perangkat piroteknik kecil yang melekat pada senjata seperti tombak. Saat bubuk mesiu meningkat, pelepasan bahan peledak sangat meningkat, dan puing-puing atau pelet ditambahkan akan memberikan beberapa efek kombinasi penyembur api. Senjata ini dianggap sebagai senjata proto-gun, pendahulu meriam tangan dan leluhur dari semua senjata api. 

8. SODEGARAMI 
Sodegarami, atau di sebut  "pelopor lengan", merupakan sejenis senjata yang digunakan oleh otoritas periode Edo era samurai Jepang berfungsi menangkap orang dengan cara yang tidak mematikan. Senjata tersebut terdiri dari tiang tebal dan panjang, dengan paku di sepanjang senjata dan tridents di ujungnya. Panjangnya sekitar 2 meter (7 kaki), dengan beberapa kepala berduri menghadap ke depan dan ke belakang. 



Comments

Popular Posts